3 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menyelam di Bali untuk Pemula

Ketika seorang pemula menyelam di Bali, pasti ada hal yang harus Anda ketahui sebelum menyelam di Bali untuk pemula. Hal tersebut tentunya bisa menunjang keberlangsungan Anda saat menyelam.

Ada sejumlah hal yang harus Anda ketahui sebelum menyelam di Bali untuk pemula. Hal-hal tersebut pasti dapat menunjang keberlangsungan seorang penyelam ketika berada di bawah laut nantinya. Jika Anda ingin menyelam tapi tidak mencari tahu apa saja yang perlu dilakukan saat menyelam nanti maka bisa-bisa berbahaya bagi diri sendiri. Itu sebabnya beberapa hal di bawah ini wajib Anda perhatikan.

Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menyelam di Bali untuk Pemula Terkait Peralatan

Sebelumnya jika Anda memang berniat untuk berlibur ke Bali maka bisa ditempuh dengan memakai kendaraan pribadi ataupun sewaan. Anda bisa rental mobil Bali ataupun rental motor Bali jika memang tak ada kendaraan pribadi. Lalu jika sudah menentukan tempat menyelam maka perhatikanlah peralatannya dengan detail. Apa saja yang dibutuhkan?

1. Peralatan Pertama

Peralatan adalah hal yang harus Anda ketahui sebelum menyelam di Bali untuk pemula. Tanpa adanya peralatan yang memadai maka menyelam bisa saja gagal. Peralatan untuk menyelam dibagi menjadi dua yaitu yang utama dan tambahan. Untuk peralatan pertama alias yang utama (dasar) Anda memerlukan pakaian selam, masker, tas selam, pelampung rompi, sabuk pemberat, snorkel, sarung tangan, fins & boots, serta pisau selam.

2. Peralatan Kedua

Peralatan kedua atau peralatan tambahan merupakan alat yang mendukung berjalannya kegiatan menyelam. Peralatan tersebut yakni pengukur kedalaman, jam selam, peralatan untuk scuba, cairan antifog, serta kompas. Benda-benda tersebut masuk ke dalam hal yang harus Anda ketahui sebelum menyelam di Bali untuk pemula.

Kiat untuk Menyelam Bagi Para Pemula

Spot menyelam bagi pemula di Bali ada banyak jumlahnya. Semuanya memiliki pesona dan keindahan masing-masing. Namun, seberapa indah tempatnyapun jika Anda tidak menyiapkannya dengan baik maka bisa rusak rencana menyelamnya. Itu sebabnya hal yang harus Anda ketahui sebelum menyelam di Bali untuk pemula harus diketahui. Berikut ada kiat yang dapat Anda coba:

1. Minum Air Putih

Memang terdengar sederhana di telinga, tapi minum air putih sebelum menyelam sangat penting kegunaannya. Dengan meminum air sebelum masuk untuk menyelam maka Anda dapat terhindar dari kemungkinan dehidrasi ketika menyelam nanti. Jika dehidrasi menyerang maka stamina Anda bisa terkuras dengan cepat.

2. Mengenali Disfungsi Tubuh

Ketika menyelam Anda harus sebisa mungkin mengenali gejala dari disfungsi tubuh. Disfungsi tersebut bisa terjadi karena adanya perbedaan suhu tubuh penyelam dengan suhu air laut. Salah satu contohnya adalah hipotermia. Untuk mencegahnya maka tanyakan saja pada instruktur kira-kira apa saja gejala disfungsi dari tubuh ketika menyelam. Tanyakan pula cara mengatasinya untuk berjaga-jaga.

3. Perhatikan Isyarat Tangan

Ketika akan menyelam maka buatlah isyarat tangan untuk sarana berkomunikasi. Saat ada di bawah laut tentunya Anda tidak bisa berkomunikasi menggunakan mulut. Itu sebabnya Anda perlu menciptakan “bahasa” baru supaya bisa melakukan komunikasi walau tanpa mulut. Hapalkan isyarat tersebut sebaik mungkin. Tiap gerakan tangan pasti ada maknanya masing-masing. Dengan isyarat itu juga Anda bisa meminta tolong atau memberikan pertolongan.

Itulah sekilas penjelasan mengenai 3 hal yang harus Anda ketahui sebelum menyelam di Bali untuk pemula yang wajib dipahami. Kiat tersebut bisa membantu melancarkan kegiatan menyelam Anda. Dengan menerapkannya maka Anda tak akan bingung atau kaget saat ada di bawah air nantinya. Satu hal lagi yang perlu diingat adalah untuk selalu mendengarkan instruksi dari instruktur Anda. Mereka adalah orang yang ahli di bidangnya. Maka dari itu, perhatikanlah ucapannya dengan benar.

3 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menyelam di Bali untuk Pemula